Seperti ini Cara PT PP Dukung Kemajuan Teknologi

Seperti ini Cara PT PP Dukung Kemajuan Teknologi
PT PP menggelar acara Digital Construction Day International Conference 2017 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (4/10). Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - PT PP Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia menyelenggarakan PP Digital Construction Day International Conference 2017 bertempat di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (4/10).

Mengangkat tema Build Before Construct, di mana kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara ulang tahun perseroan ke-64.

Perseroan berupaya untuk memulai gerakan kesadaran digitalisasi sebagai cara kerja baru dunia
konstruksi di Indonesia.

"Acara ini merupakan media sharing knowledge mengenai perkembangan teknologi digital, khususnya di dunia konstruksi. Saat ini, dunia bisnis mengalami era disrupsi, di mana perusahaan-perusahaan startup bisa menumbangkan perusahaan yang telah lama berdiri. Era disrupsi didorong oleh adanya perkembangan dunia digital," ujar Dirut PT PP Tumiyana.

Perseroan sebagai salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia selalu melakukan kajian serta riset untuk mengatasi masalah-masalah di atas.

Perseroan memandang perlu diadakannya transformasi menuju era konstruksi digital sebagaimana yang telah diterapkan oleh beberapa negara maju, salah satunya adalah dengan menerapkan konsep Building Information Modeling (BIM).

"BIM adalah seperangkat teknologi, proses, kebijakan yang seluruh prosesnya berjalan secara kolaborasi dan terintegrasi dalam sebuah model digital. Secara gamblang, diterjemahkan sebagai gambar tiga dimensi di mana semua unsur dalam gambar bisa memiliki data terkait kuantitas, harga dan schedule-nya," terang dia.

Selain itu, memungkinkan pelaku yang terlibat dalam suatu proyek bekerja secara kolaborasi, mengoptimalkan produktivitas SDM dan kegiatan proyek secara cepat, tepat, akurat, efektif dan efisien
selama proses umur siklus bangunan (building lifecycle).

"Sehingga, dengan penerapan BIM ini akan membuat efisiensi yang sangat signifikan dari sisi biaya dan waktu pelaksanaan proyek, karena data desain  (pra-konstruksi) menjadi sangat detail dan akurat," jelasnya.

Perseroan berupaya untuk memulai gerakan kesadaran digitalisasi sebagai cara kerja baru dunia konstruksi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News