Sepertinya Ini Sosok 'Pak Ari' dalam Percakapan Rini-Sofyan

Sepertinya Ini Sosok 'Pak Ari' dalam Percakapan Rini-Sofyan
Marwan Batubara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sosok ‘Pak Ari’ dalam rekaman pembicaraan per telepon antara Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Dirut PLN Sofyan Basir memunculkan pertanyaan. Sosok Pak Ari diduga sebagai orang penting dan berpengaruh sehingga sangat dihormati oleh Sofyan.

Pengamat pertambangan dan energi Marwan Batubara memiliki dugaan soal sosok ‘Pak Ari’ yang disebut dalam rekaman itu. Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies ( IRESS) itu menduga 'Pak Ari' dalam rekaman di kedua pejabat ini merujuk pada Ari H Soemarno yang tak lain kakak kandung Rini.

Menurut Marwan, dirinya telah menyimak rekaman pembicaraan antara Rini dan Sofyan yang beredar luas di media sosial. Dari pembicaraan itu pula Marwan menduga tentang sosok Ari Soemarno dalam proyek BUMN yang dibicarakan Rini dan Sofyan.

"Saya sudah dapat rekaman itu. Mereka seperti membicarakan proyek PLN. Apalagi bawa-bawa nama Ari, kemungkinan besar Ari Soemarno,” ujar Marwan.

Baca juga: Fadli Zon Desak Aparat Usut 'Small Business untuk Pak Ari'

Karena itu, Marwan mengharapkan Rini dan Sofyan bisa mengklarifikasi isi pembicaraan itu ke publik. “Agar tak ada prasangka buruk," katanya.

Ssttt, Ada Suara Mirip Bu Rini dan Dirut PLN Bocor ke Medsos

Senada dengan Marwan, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Inas Nasrullah Zubir mengatakan percakapan itu jadi bukti adanya cawe-cawe keluarga Soemarno dalam Kementerian BUMN. Dalam dunia trading oil and gas, katanya, Ari dikenal sebagai orang yang pertama kali membawa M Riza Chalid untuk terjun di bisnis minyak.

Sosok Pak Ari dalam rekaman pembicaraan per telepon antara Menteri BUMN Rini Soemarno diduga sebagai orang penting dan berpengaruh sehingga sangat dihormati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News