Siapa 'Pak Ari' yang Dimaksud Rini Soemarno dan Dirut PLN?

Siapa 'Pak Ari' yang Dimaksud Rini Soemarno dan Dirut PLN?
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: Cecep Mulyana/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rekaman percakapan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir masih ramai dibicarakan.

Percakapan tersebut diduga berisi pembagian jatah kerja sama dalam proyek Pertamina dan PLN.

Dari rekaman tersebut, terdengar sebutan 'Pak Ari'. Namun, dalam keterangannya, Kementerian BUMN tak menyinggung nama Pak Ari yang disebut dalam rekaman tersebut.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies ( IRESS), Marwan Batubara menduga 'Pak Ari' dalam rekaman tersebut merujuk kepada Ari Soemarno.

"Saya sudah dapat rekaman itu. Kemungkinan besar Ari Soemarno. Intinya, kami meminta sebagai pejabat publik untuk segala tindak tanduknya harus dibuka ke masyarakat. Agar tak ada prasangka buruk," kata Marwan di Jakarta.

Apalagi, kata Marwan jika kasus tersebut benar melibatkan keduanya, maka hal itu akan mencoreng cita-cita Presiden Joko Widodo dalam membersihkan mafia.

"Pak Jokowi juga harus segera membenahi anak buahnya yang sering bermasalah seperti ini. Eranya Pak Jokowi kan bersih-bersih," tutur dia.

Senada dengan Marwan, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Inas Nasrullah Zubir mengatakan percakapan itu menjadi bukti adanya cawe-cawe keluarga Soemarno dalam Kementerian BUMN.

Setelah pensiun dari Pertamina, nama Ari Soemarno tidak lagi terdengar sampai adiknya diangkat menjadi Menteri BUMN Rini Soemarno, nama Ari justru menjadi momok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News