Sepertinya Pak Jokowi Pengin Ayam Lokal, Bukan yang dari Paman Sam

Sepertinya Pak Jokowi Pengin Ayam Lokal, Bukan yang dari Paman Sam
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi kesal melihat restoran ayam dan kopi yang ada di rest area tidak pernah berubah. Jokowi pengin resto ayam dan kopi diganti yang merek lokal. 

Hal ini diutarakan Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai pemberdayaan UMKM tahun 2020 di kantor Presiden, Senin (9/12). 

"UMKM ini sudah saya ulang ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono), Menteri Perhubungan (Budi Karya) untuk mengisi sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur yang baru, yang telah dibangun," kata Jokowi.

"Misalnya rest area jalan tol, rest area di jalan tol isi dengan produk-produk brand lokal, karena yang saya lihat kalau rest area itu pasti isinya kopi ya kopi itu, kalau ayam ya ayam itu, enggak usah saya sebutkan, saya kira Bapak Ibu tahu semuanya, ini mulai harus digeser," tambahnya.

Kemungkinan, yang dimaksud Jokowi bisa jadi ayam dan kopi dari restoran cepat saji asal Negeri Paman Sam Amerika Serikat, yang memang bertebaran di mana-mana. Termasuk hampir di setiap rest area.

Jokowi menambahkan, produk kopi lokal dan ayam goreng lokal saat ini memiliki kualitas yang bagus. Bahkan, banyak kopi lokal dan ayam goreng lokal yang digemari oleh masyarakat. "Yang rasanya tidak kalah. Lebih enak dan lebih murah. Sepertiga lebih murah, itu yang dipasang," tegasnya.

Presiden juga minta pemberdayaan UMKM nasional harus menjadi komitmen bersama. Lokasi yang akan mengutamakan UMKM lokal adalah rest area di jalan tol Trans Sumatera. "Lampung sampai ke Aceh itu berapa ada rest area? Pasang dong brand-brand lokal kita baik yang belum jadi di tol di Jawa juga sama rest area tolong diisi oleh UMKM kita," katanya. (krs/rmco)

Jokowi pengin ayam lokal dan kopi nusantara lantaran saat ini memiliki kualitas yang bagus.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News