Sepuluh Menteri yang Paling Suka Blusukan

Sepuluh Menteri yang Paling Suka Blusukan
Menteri Kelautan dan Perikan Susi Pudjiastuti yang paling banyak melakukan blusukan. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejak sebelum menjadi presiden, Joko Widodo memang dikenal sebagai presiden yang gemar blusukan. Nah, setelah menjadi orang nomor satu di tanah air, beberapa menteri yang ada di Kabinet Kerja di bawah Jokowi-JK ketularan senang blusukan. 

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, mengatakan sejak 23 Oktober 2014 hingga 6 Februari 2015 kinerja dan aksi blusukan Kabinet Kerja Jokowi-JK mendapat perhatian dari media massa di Indonesia.

Pihaknya mencatat ada sekitar 2.754 pemberitaan mengenai  aksi blusukan menteri Kabinet Jokowi JK, yang dimuat 343 media di seluruh Indonesia, baik nasional maupun lokal. Sebagai informasi, Indonesia Indicator adalah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence).

Menurut dia, blusukan menteri, lengkap dengan berbagai cara. Misalnya seperti lompat pagar. Kejadian itu memperoleh sorotan tajam di media hingga 44,7 persen atau 2.754 berita dari total 6.159 pemberitaan yang bertema blusukan. 

"Aktivitas ini menjelaskan bahwa para menteri terlihat perlu untuk melakukan sesuatu yang ekstravaganza atau di luar kebiasaan demi mendapat panggung di media," papar Rustika dalam diskusi Blusukan Kabinet Kerja dalam Bingkai Media.

Lebih lanjut, kata dia, ada 10 nama menteri yang paling banyak diekspose dalam pemberitaan terkait blusukan. Seluruh data berasal dari pemberitaan 343 media online di seluruh Indonesia baik nasional maupun lokal, dan langsung dianalisis secara real time oleh mesin Intelligence Media  Management (IMM) yang berbasis Artificial Intelligence.

Kesepuluh nama menteri yang aksi blusukannya paling terekspose media itu adalah Susi Pudjiastuti (246), Marwan Jafar (196), Ignasius Jonan (188), Yuddy Chrisnandi (178), Amran Sulaiman (167), Rachmat Gobel (147), Siti Nurbaya (123), Rini Soemarno (123), Hanif Dhakiri (111), dan Tjahjo Kumolo (97).

Rustika memaparkan, istilah blusukan mulai dipopulerkan saat Mendag masa Gita Wirjawan berkunjung ke Pasar Gede, Kota Solo. Namun, kata dia, istilah blusukan mulai menjadi political brand Jokowi saat Pilgub DKI Jakarta pada 22 April 2012.

JAKARTA - Sejak sebelum menjadi presiden, Joko Widodo memang dikenal sebagai presiden yang gemar blusukan. Nah, setelah menjadi orang nomor satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News