Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Banjir dan Longsor di Bogor, Ridwan Kamil Berpesan Begini

Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Banjir dan Longsor di Bogor, Ridwan Kamil Berpesan Begini
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi bencana di Desa Purasari, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

jpnn.com, BOGOR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi bantuan untuk tanggap darurat bencana banjir bandang dan longsor di wilayah Pamijahan dan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jabar.

Adapun jumlah bantuan yang diberikan itu sebesar Rp 500 juta. 

Menurut Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, dana Rp 500 juta itu khusus untuk penanganan tanggap darurat.

Sementara, dana untuk proses rekonstruksi bisa diajukan Pemerintah Kabupaten Bogor ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga pemakaiannya nanti bisa dikombinasikan.

"Setelah proses tanggap darurat, selanjutnya adalah proses rekonstruksi atau pemulihan yang harus dimonitor secara umum. Tolong hitung secara terukur kebutuhannya, wilayah yang terdampak harus kembali normal segera," kata Kang Emil saat meninjau lokasi bencana di Desa Purasari, Leuwiliang, Bogor, Minggu (26/6). 

Kehadiran Kang Emil juga untuk memastikan ketersediaan tempat pengungsian. Dalam kesempatan itu, Kang Emil berpesan kepada pemerintah daerah setempat agar meringankan kebutuhan sehari-hari korban bencana, terlebih bagi yang sudah kehilangan harta dan bendanya.

“Saya ucapkan terima kasih, upaya gotong royong kita ini luar biasa, sehingga tidak perlu berlama-lama untuk mengembalikan keadaan kembali normal,” ujar Kang Emil.

Dia juga memohon kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak mengganggu aliran sungai, serta menjadikan banjir bandang dan longsor sebagai pelajaran, sehingga tidak menyebabkan bencana di kemudian hari.

Begini pesan Ridwan Kamil saat menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana banjir bandang dan longsor di Bogor. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News