Serahkan Rekomendasi kepada Presiden, KTT Y20 Fokus Pada 4 Isu Prioritas

Serahkan Rekomendasi kepada Presiden, KTT Y20 Fokus Pada 4 Isu Prioritas
KTT Y20 meminta pemerintah melakukan terobosan untuk memastikan penyebaran akses internet merata dan harga terjangkau. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wadah resmi pemuda dari 20 negara G20 atau KTT Y20 meminta pemerintah melakukan terobosan untuk memastikan penyebaran akses internet yang merata dengan harga yang terjangkau.

Hal itu merupakan salah satu rekomendasi mengenai isu-isu global terkait kesejahteraan anak muda di dunia yang telah diserahkan kepada pemerintah.

Co-Chair Y20 Indonesia Budy Sugandi menyatakan pihaknya telah menyerahkan rekomendasi dari empat isu prioritas, yakni transformasi digital, lingkungan, ketenagakerjaan pemuda, serta keberagaman dan inklusi.

"KTT Y20 menegaskan akses internet adalah hak dasar yang harus dimiliki oleh anak muda karena berkaitan erat dengan kehidupan mereka," ungkap Budy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (25/7).

Menurutnya, pandemi Covid-19 mempercepat transformasi digital, karena seluruh sektor saat ini bergantung pada akses internet untuk beroperasi.

Hal ini menjadi masalah apabila penyebaran akses internet belum merata yang akan berdampak pada tingginya harga internet di beberapa wilayah.

“Kemajuan teknologi digital berdampak pada generasi muda. Tetapi sejumlah kerangka kerja publik masih ambigu,” katanya.

Budy menyebutkan pemuda saat ini adalah “digital native” atau mereka yang lahir dan hidup dengan dunia digital.

KTT Y20 meminta pemerintah melakukan terobosan untuk memastikan penyebaran akses internet merata dan harga terjangkau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News