Serangan Kalong Bikin Warga di Pulau Ini Alami Gangguan Listrik

Serangan Kalong Bikin Warga di Pulau Ini Alami Gangguan Listrik
Serangan Kalong Bikin Warga di Pulau Ini Alami Gangguan Listrik. Foto Abdul Basid/Radar Gresik/JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Asisten Manager Jaringan PLN Area Gresik, Jawa Timur, Bustani Hadi Wijaya kini dibuat cemas. Serbuan kelelawar yang memasuki musim buah dipastikan akan terjadi. Itu artinya, warga siap-siap mengalami gangguan listrik.

"Gangguan listrik padam ini yang terbesar adalah dari binatang Kalong," kata Bustani seperti yang dilansir Radar Gresik (Jawa Pos Group), Jumat (2/6).

Kecemasan Bustani tidaklah berlebihan. Pasalnya listrik bisa padam sewaktu-waktu. Tahun 2016, ada 99 gangguan kalong. Sedangkan tahun ini hingga April, tercatat 21 gangguan.

Biasanya frekuensi paling sering terganggu kaling terjadi mulai bulan September sampai Januari, atau setiap musim mangga.

“Kalong ini cukup besar, jika sayapnya dibentangkan bisa sampai 2 meter," tuturnya sambil menambahkan.

Selain kalong, gangguan terjadinya listrik padam juga disebabkan pepohonan, layang-layang, dan konstruksi roboh.

Untuk mengurangi gangguan listrik padam di Pulau Bawean, pihaknya telah melakukan perbaikan jaringan, hingga memberikan pelindung pada kabel terbuka.

Kalong lebih suka mendekati tiang listrik. Karena itu PLN akan mengisolasi kabel yang terbuka. Targetnya, kabel sepanjang 40 kilometer yang mengelilingi Bawean akan terpasang isolasi.

Asisten Manager Jaringan PLN Area Gresik, Jawa Timur, Bustani Hadi Wijaya kini dibuat cemas. Serbuan kelelawar yang memasuki musim buah dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News