Serap Keluhan Nelayan Kronjo, Anies bakal Perbaiki Tata Niaga Perikanan

Serap Keluhan Nelayan Kronjo, Anies bakal Perbaiki Tata Niaga Perikanan
Anies Baswedan bersama para nelayan. Foto: source for JPNN

jpnn.com - TANGERANG - Para nelayan di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten menggantungkan harapannya kepada pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Sore hari ini di Kampung Nelayan, Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Kami berdialog berdiskusi dengan para nelayan di sini dan mereka menyampaikan aspirasi atas masalah yang mereka hadapi,” kata Anies seusai berdialog bersama nelayan Kronjo, Sabtu (2/12).

Anies mengaku prihatin dengan nasib nelayan di Indonesia yang masih banyak belum sejahtera hidupnya, karena berbagai hal, mulai dari regulasi yang memberatkan dan membatasi mereka hingga tata niaga yang perlu untuk segera dilakukan perubahan.

“Perlu kami menggarisbawahi, bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dan memiliki kekayaan laut yang luar biasa besar, di sisi lain nelayan adalah kelompok masyarakat yang kesejahteraannya paling lambat berkembangnya,” tutur Anies.

"Kesejahteraan mereka terbatas karena aturan yang dibuat membatasi mereka dalam mencari ikan, kedua juga ada aturan perpajakan yang tidak sederhana. Tata niaga untuk produk laut dikoreksi agar harga yang mereka jual akan bisa lebih baik,” imbuhnya.

Hal yang dikeluhkan oleh nelayan juga soal solar subsidi yang ketersediaannya sering tidak sesuai dengan kebutuhan, saat mereka perlu melaut justru solarnya tak tersedia.

Menurut Anies, itu perlu diubah. “Peraturan yang membatasi nelayan melaut sejauh 12 mil, dulunya boleh lebih dari itu, tetapi itu dibatasi," ujarnya.

"Kemudian beban pajak yang memberatkan karena ditarik di awal dan di akhir, sedangkan bila nelayan tersebut tidak mendapat hasil tangkapan yang tidak sesuai maka itu akan amat memberatkan,” imbuh Anies.

Nelayan di Kronjo menitipkan aspirasinya kepada calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News