Serbuan Yachts Bikin Tanjungpinang Mirip Marina di Mancanegara

Serbuan Yachts Bikin Tanjungpinang Mirip Marina di Mancanegara
Foto/ilustrasi: tripadvisor.com

jpnn.com - TANJUNGPINANG - Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang kini semarak oleh puluhan yachts. Pemandangannya jadi mirip marina di Monaco, Barcelona, Cannes, San Fransisco, Perth, bahkan Sydney.

Kini, ada 58 yachts dari berbagai negara yang sedang singgah di Tanjungpinang. Mereka sedang mengikuti Wonderful Indonesia Sailling (WIS), bagian dari even Festival Bahari Kepri (FBK) yang sudah dimulai 27 Oktober 2016.

Festival berbasis sea zone itu menjadi penanda bangkitnya bahari Indonesia dari Kepri. “Berbagai jenis kapal-kapal yacht sudah masuk ke Kepri, Tanjungpinang khususnya. Pemandangan seperti inilah yang kita mimpikan di Tanjungpinang sejak dulu," ujar Ketua Harian Festival Bahari Kepri Guntur Sakti.

Bagi Guntur, keberadaan puluhan  yachts di Tanjungpinang seolah masih mimpi. Sebab, hal itu pula  yang sebenarnya juga diinginkan Presiden Joko Widodo saat Sail Tomini 2015 lalu di Palu, Sulawesi Tengah.

Sailing untuk perahu dan kapal pesiar yang akan memberi dampak ekonomi yang signifikan. Semua bisnis berbasis pariwisata dan masyarakatnya memperoleh benefit.

Sedangkan puncak acara WIS adalah Sabtu (29/10). “Akan ada ratusan sailers yang datang. Kami bangga, karena wisata bahari kami benar-benar hidup," jelas Guntur yang juga kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri itu.

Dia menyebutkan, pada H-2, sebanyak 58 kapal yacht sudah masuk ke Kepri. Antara lain melalui Nongsa Poin Marina (NPM) Batam (20 yacht), Bandar Bentan Telani (BBT) Bintan (8 yacht), ada pula dari gateway nasional (12 yacht).

"Kapal-kapal yacht yang saat ini berlabuh di Tanjungpinang masuk dari gateway nasional dan Kepri. Di luar dugaan kita, pada H-2 para yachter dunia sudah berdatangan ke Kepri. Jika ini sukses, maka Kepri akan semakin dikenal di komunitas pencinta bahari," papar Guntur.

TANJUNGPINANG - Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang kini semarak oleh puluhan yachts. Pemandangannya jadi mirip marina di Monaco, Barcelona,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News