Seribu Personel Brimob dari Pusat Disiagakan untuk ke Papua, Ada Apa?

Seribu Personel Brimob dari Pusat Disiagakan untuk ke Papua, Ada Apa?
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan Mabes Polri menyiagakan sebanyak seribu personel Brimob Nusantara untuk dikirim ke Papua apabila terjadi peningkatan gangguan keamanan. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, PAPUA - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan Mabes Polri menyiagakan sebanyak seribu personel Brimob Nusantara untuk dikirim ke Papua apabila terjadi peningkatan gangguan keamanan.

"Kapolri sudah menyatakan akan menyiagakan seribu personel Brimob Nusantara yang dapat sewaktu-waktu diterbangkan ke Papua," kata Kapolda di Jayapura, Rabu (11/1).

Fakhiri menambahkan seribu personel Brimob Nusantara yang disiagakan oleh Mabes Polri itu di luar personel Satuan Tugas Damai Cartenz.

Saat ini ada dua kompi Brimob Nusantara akan dikerahkan untuk memperkuat pengamanan di wilayah hukum Polda Papua mengingat terjadinya peningkatan sejumlah gangguan keamanan di beberapa daerah.

Ada sembilan kabupaten dan kota yang menjadi perhatian, yaitu Kabupaten Puncak, Dogiyai, Intan Jaya, Yahukimo, Pegubin, Nduga, Mimika, Jayawijaya, dan Kota Jayapura.

Selain mengerahkan pasukan, tambah Kapolda, pihaknya juga berharap pemerintah daerah aktif mendekati kelompok-kelompok tersebut mengingat mereka adalah warga di daerah itu.

"Dekati dan rangkul mereka dengan memberikan kegiatan positif agar tidak melakukan tindak kriminal, " ujar Fakhiri.

Dia menambahkan dari laporan yang diterimanya, terungkap mereka yang tergabung dalam kelompok bersenjata adalah pemuda tanggung yang seringkali melakukan aksi kriminal yang kemudian dimanfaatkan oleh kelompok tersebut.

Seribu personel Brimob Nusantara yang disiagakan oleh Mabes Polri itu di luar personel Satuan Tugas Damai Cartenz.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News