Sabtu, 24 Agustus 2019 – 11:28 WIB

Sering Dikritik, Jokowi Tetap Puji Kinerja DPR

Jumat, 16 Agustus 2019 – 19:46 WIB
Sering Dikritik, Jokowi Tetap Puji Kinerja DPR - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa demokrasi memubutuhkan lembaga perwakilan rakyat yang berwibawa, kredibel, dan modern.

Oleh karena itu, katanya, upaya DPR untuk melakukan konsolidasi kelembagaan harus didukung.

"Upaya DPR untuk meningkatkan kualitas produk perundang-undangan harus didukung. Upaya DPR untuk menjalankan check and balances dalam satu visi besar yang sama juga harus didukung," ucap Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR Tahun 2019, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta pada Jumat (16/8).

BACA JUGA : Gerindra Kritik Jokowi Soal Program PKH

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan apresiasi tinggi atas semangat DPR untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah. Dalam menjalankan fungsi anggaran, lanjutnya, dewan telah menyetujui UU Penerimaan Negara Bukan Pajak tahun 2018.

"DPR juga telah menyetujui alokasi Dana Desa sebesar Rp 70 triliun di tahun 2019, yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," tutur Presiden ketujuh RI itu.

Pada fungsi legislasi, sepanjang Agustus 2018 hingga Juli 2019, DPR bersama-sama pemerintah, telah berhasil menyelesaikan pembahasan terhadap 15 Rancangan Undang-Undang (RUU).

Di luar capaian di bidang legislasi tersebut, Jokowi tetap mengharapkan dukungan DPR untuk mereformasi perundang-undangan. UU yang bertabrakan satu dengan yang lain harus diselaraskan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar