Sering Minum Susu Bisa Jadi Penyebab Bisul pada Anak?

Sering Minum Susu Bisa Jadi Penyebab Bisul pada Anak?
Ilustrasi susu. Foto: Y. Photo Studio/Shuttterstock

jpnn.com - Salah satu gangguan kesehatan kulit yang sering dialami anak-anak adalah bisul. Ada yang bilang bahwa salah satu penyebab bisul pada anak adalah minum susu yang terlalu sering. Benarkah demikian?

Ada berbagai macam masalah kulit yang biasa muncul pada anak. Beberapa di antaranya adalah biduran, biang keringat, dermatitis atopik (ruam merah dan gatal termasuk juga bisulan.

Bisul pada anak

Saat anak bisulan, aktivitasnya bisa sangat terganggu. Tak jarang, bisul juga bisa membuat anak sakit. Bisul pada anak sering muncul di area wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong. Jika bisul timbul di kelopak mata, biasanya disebut bintitan.

Penyebab terjadinya bisul adalah karena bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam tubuh melalui goresan luka di kulit. Bisul biasanya hanya muncul satu, tidak berkelompok, dan letaknya di atas permukaan kulit.

Jika bisul muncul secara berkelompok, maka harus dicurigai sebagai jenis infeksi yang lebih serius. Kondisi bisul yang muncul berkelompok semacam ini dinamakan karbunkel.

Meski telah jelas penyebabnya, ada beberapa orang yang percaya bahwa sering minum susu bisa menyebabkan bisul. Lalu bagaimana fakta medisnya?

Tak berhubungan langsung

Ada yang bilang bahwa salah satu penyebab bisul pada anak adalah minum susu yang terlalu sering. Benarkah demikian?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News