Sering Sariawan? Coba Cara Ini

Sering Sariawan? Coba Cara Ini
Ilustrasi: onlymyhealth.com

jpnn.com - SERING mengalami sariawan lidah ataupun bibir? Sariawan merupakan salah satu persoalan kesehatan pada rongga mulut yang paling sering ditemui.

Biasanya, sariawan dimulai dengan peradangan pada daerah rongga mulut. Misalnya, munculnya bibir kering serta pecah-pecah.

Pada intinya sariawan merupakan luka pada mulut berupa bulat cekung berwarna kemerahan. Saat tersentuh makanan, sariawan akan terasa perih.

Walau sariawan sering dihadapi oleh beberapa orang, tetapi bisa dicegah dan disembuhkan. Laman Prevention menyodorkan cara mencegah dan mengobati sariawan. Apa saja itu?

1. Hindari makanan asam dan manis
Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar dan memperpanjang proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut juga mengubah gula menjadi asam. Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi, tapi mungkin mengakibatkan sariawan juga.

2. Mengganti pasta gigi
Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau agen berbusa yang umum digunakan bisa memicu sariawan pada beberapa orang. Karena itu, ada baiknya ganti pasta gigi yang bebas SLS seperti pasta gigi rodale peppermint + charcoal brightening yang akan menghilangkan luka sariawan.

3. Berkumur dengan air garam.
Garam membersihkan, membantu menyembuhkan dan menghentikan rasa sakit akibat sariawan.

4. Baking soda
Baking soda adalah alkali yang membantu menetralkan asam di mulut sambil membersihkan dan menenangkan sariawan pada saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dalam secangkir air hangat dan kumur beberapa kali sehari selama beberapa menit.

SERING mengalami sariawan lidah ataupun bibir? Sariawan merupakan salah satu persoalan kesehatan pada rongga mulut yang paling sering ditemui. Biasanya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News