Sering Stres? Bisa jadi Gawai Anda Penyebabnya

Sering Stres? Bisa jadi Gawai Anda Penyebabnya
Ilustrasi stres. Foto: WorktoLive.com

jpnn.com - Gawai atau handphone adalah alat yang tidak terpisahkan pada era digital saat ini. Namun, maraknya penggunaan gawai ternyata bisa berdampak negatif pada emosional penggunanya, hingga menyebabkan stres.

Lalu bagaimana handphone bisa menjadi penyebab stres?

Gawai dan Stres

Penggunaan gawai sangatlah lazim saat ini. Namun, Anda patut berhati-hati, karena penggunaan gawai yang tidak tepat berpotensi menimbulkan berbagai gangguan, salah satunya terkait emosi.

Penggunaan gawai berhubungan dengan berbagai keluhan, seperti sakit kepala, nyeri telinga dan gangguan konsentrasi. Hal ini diduga terkait paparan gelombang elektromagnetik. Namun, penggunaan gawai juga bisa menyebabkan gangguan emosi.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan di Swedia, ada hubungan antara frekuensi penggunaan gawai dengan stres, gangguan tidur dan terjadinya depresi. Penelitian lain juga menyimpulkan adanya hubungan antara penggunaan gawai dengan stres.

Pada penelitian yang dilakukan pada sejumlah orang pengguna gawai, semakin kuat seseorang tergantung pada gawai, semakin kuat pula kadar stres yang dialami.

Penggunaan gawai juga berdampak pada kehidupan sosial seorang. Remaja dbisa menghabiskan 2 jam 40 menit menatap layar gawainya setiap hari. Jumlah waktu ini setara dengan 40 hari selama setahun.

Maraknya penggunaan handphone ternyata bisa berdampak negatif pada emosional penggunanya, hingga menyebabkan stres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News