Sertifikasi Dosen Beres 2014

Sertifikasi Dosen Beres 2014
Sertifikasi Dosen Beres 2014

JAKARTA -
Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) menargetkan seluruh dosen akan mengantongi sertifikat sertifikasi pada 2014 mendatang. Kemendiknas memberikan kemudahan bagi dosen yang bersedia mengajar di daerah terpencil untuk mendapatkan sertifikasi. Rektor Universitas Negeri Surabaya (unesa) Muchlas Samani menegaskan, program tersebut akan terus dilanjutkan untuk mencapai target sertifikasi dosen empat tahun mendatang. "Jumlah dosen lebih sedikit dibandingkan guru. Kami optimis semua bisa dijalankan tepat waktu," ujarnya.

Mantan direktur ketenaga dirjen pendidikan tinggi (dikti) yang baru digantikan Supriadi Rustad Jumat(3/9) lalu itu mengungkapkan, saat ini masih ada 100 ribu dosen yang belum memiliki sertifikat sertifikasi. "Yang sudah menerima sertifikasi masih 50 ribu dosen, sisanya masih dalam proses," ujarnya.

Tahun ini, lanjut Muchlas, Dikti memberikan kesempatan kepada 12 ribu dosen dalam sertifikasi. Sementara tahun depan Dikti mengajukan 18 ribu dosen lagi untuk menambah jumlah kuota sertifikasi dosen. "Kalau bisa semakin tahun, jumlah kuota makin banyak, agar target terpenuhi,"tutur ketua II Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Jatim itu.

 

Tidak berbeda dengan proses percepatan sertifikasi yang diterapkan pada guru, Muchlas juga melakukan percepatan sertifikasi dosen dengan memberikan kesempatan pada dosen yang bersedia mengabdi di daerah terpencil. "Tidak seperti guru ya. Persebaran dosen tidak sampai pelosok, hanya terbatas pada kabupaten yang jarang penduduknya saja," ucapnya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) menargetkan seluruh dosen akan mengantongi sertifikat sertifikasi pada 2014 mendatang. Kemendiknas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News