Sertifikasi Kapal Penangkap Ikan di Bawah GT 7 Ditargetkan Rampung Tahun ini

Sertifikasi Kapal Penangkap Ikan di Bawah GT 7 Ditargetkan Rampung Tahun ini
Kapal nelayan. Foto: Pojokpitu/JPG

jpnn.com, CILACAP - Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cilacap bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan seluruh sertifikasi pelaut dan kapal penangkap ikan di wilayah Cilacap bisa rampung pada 2019.

"Pemberian pas kecil tersebut dilakukan dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat nelayan, khususnya di wilayah Cilacap dan pemerintah memberikan pelayanan pas kecil ini tanpa dipungut biaya atau gratis," ujar Kepala KSOP Kelas II Cilacap, Wigyo.

Menurut Wigyo, saat ini jumlah kapal nelayan di bawah GT 7 di Cilacap berjumlah 5.000 unit kapal dengan total nelayan sebanyak 12.500 orang.

"Sebelumnya untuk kapal ikan yang terdaftar di wilayah Cilacap dan sekitarnya jumlah pas kecil yang sudah diberikan sebanyak 3.260 pas kecil dan pada pagi tadi sebanyak 254 pas kecil diserahkan oleh Ibu Menteri Puan secara simbolis kepada tiga nelayan," kata Wigyo.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan, sertifikasi kapal penangkap ikan di bawah GT 7 di Pulau Jawa terus berlanjut dan ditargetkan selesai pada Minggu kedua April 2019.

Lebih lanjut Arif juga mengatakan bahwa sertifikasi pelaut di Pulau Jawa juga terus berjalan. Demikian juga dengan inventarisasi sertifikasi pelaut di seluruh Indonesia juga berjalan terus dan dijadwalkan selesai pada akhir 2019.

Menurut data dan informasi dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan per 9 Februari 2019, untuk Pulau Jawa, jumlah pelaut kapal penangkap ikan sebanyak 55.794 orang dan jumlah pelaut kapal tradisional sebanyak 35.068 orang. Adapun jumlah pelaut yang tersertifikasi sebanyak 35.925 orang.

Arif menjelaskan, jumlah kapal berbendera Indonesia dengan tonase di atas GT 7 seluruh Indonesia berjumlah 78.656 unit dan semua kapal tersebut sudah bersertifikat. Adapun data jumlah kapal tersebut dapat terus bertambah secara live yang tercatat dalam database online.

Saat ini jumlah kapal nelayan di bawah GT 7 di Cilacap berjumlah 5.000 unit kapal dengan total nelayan sebanyak 12.500 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News