JPNN.com

Seru! Debat Jokowi Vs Prabowo Menyerempet Presiden Sebelumnya

Sabtu, 13 April 2019 – 21:55 WIB Seru! Debat Jokowi Vs Prabowo Menyerempet Presiden Sebelumnya - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan nomor urut 02, Prabowo Subianto terlibat perdebatan terkait strategi mempertahankan harga komoditas perkebunan dan perikanan.

Dalam debat kelima Pilpres 2019, di The Sultan Hotel, Jakarta, Sabtu (13/4) malam, Jokowi menyatakan bahwa komoditas yang ada sudah terlalu lama bergantung kepada pasar luar negeri.

Dia menambahkan, sudah terlalu lama pula mengekspor bahan mentah baik itu karet, kelapa sawit, perikanan, maupun hasil pertanian.

Karena itu, Jokowi mengungkap strategi ke depan adalah dengan melakukan hilirisasi dan industrialisasi.

Menurut dia, perlu dibangun sebanyak-banyaknya pabrik pengolahan, pengalengan, sehingga bisa mengekspor barang olahan yang sudah di-packaging, labeling, maupun branding.

"Begitu juga komoditas perkebunan. Ke depan harus berani hilirisasi, mencegah agar ekspor tidak berbentuk mentahan. Minimal barang setengah jadi, atau kami tekankan dalam bentuk barang jadi," jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, untuk bidang yang berkaitan dengan pertanian ini, anak-anak muda sekarang sudah membangun ekosistem online. Nah, ujar dia, kalau ini bisa disambungkan dengan offline pertanian maka akan memudahkan petani berhubungan dengan konsumen dan pembeli lewat digital ekonomi.

BACA JUGA: Debat Kelima Pilpres: Jokowi Utamakan Pemerataan ketimbang Pertumbuhan Ekonomi

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...