Sesalkan Pemerintah Baru Tahu Cara Malaysia Atasi Kebakaran di Lahan Gambut

Sesalkan Pemerintah Baru Tahu Cara Malaysia Atasi Kebakaran di Lahan Gambut
Menko Maritim Rizal Ramli. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menko Maritim Rizal Ramli membenarkan bahwa pemerintah akan belajar metode penanganan kebakaran hutan dari Malaysia. Menurutnya, Presiden Joko Widodo langsung yang memerintahkan hal tersebut saat melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Najib Razak.

"Bapak Presiden perintahkan pejabat kita untuk melihat sistem penanganan (kebakaran) di Malaysia," kata Rizal kepada wartawan di Istana Bogor, Minggu (11/10).

Rizal menjelaskan, metode Malaysia adalah membangun sumur yang terhubung dengan pipa saluran air di area lahan gambut. Di musim hujan, sumur-sumur tersebut berfungsi menampung air pada saat musim hujah. Sedangkan pada musim kering, air yang ditampung tersebut disalurkan ke permukaan.

"Jadinya menurunkan suhu (lahan gambut) tidak terlalu panas dan gampang terbakar," jelasnya.

Menurut Rizal, metode Malaysia cukup layak untuk dipelajari. Dia menilai metode tersebut bisa dikombinasikan dengan metode kanal yang akan digunakan pemerintah.

"Yang saya sayangkan pemerintah baru tahu mengenai hal ini (metode Malaysia)," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Menko Maritim Rizal Ramli membenarkan bahwa pemerintah akan belajar metode penanganan kebakaran hutan dari Malaysia. Menurutnya, Presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News