Sestama BNPT Berharap Semua Pihak Mendukung Pembaharuan Perpres RAN PE

Sestama BNPT Berharap Semua Pihak Mendukung Pembaharuan Perpres RAN PE
Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Bangbang Surono. Foto: dok BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Bangbang Surono berharap dukungan dari semua pihak agar pembaharuan Perpres RAN PE 2025 - 2029 dapat berjalan dengan lancar.

"BNPT memohon dukungan semua pihak sehingga proses pembaharuan Perpres RAN PE 2025 - 2029 dapat berjalan dengan lancar," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pertama Kelompok Kerja dan Tematis RAN PE Tahun 2024 di Jakarta pada Selasa (19/3).

Bangbang menjelaskan dukungan tersebut sangat berarti bagi upaya untuk memastikan negara hadir dalam memberikan perlindungan hak atas rasa aman kepada masyarakat Indonesia dari ancaman ekstrimisme kekerasan yang mengarah pada terorisme.

"Seluruh upaya yang telah kita lakukan ini semata-mata untuk memastikan kehadiran negara untuk memberikan perlindungan hak atas rasa aman setiap warga negara dari ancaman ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme di seluruh wilayah di Indonesia," ujarnya.

Sampai dengan 2023, kementerian/lembaga anggota RAN PE telah melaksanakan 122 aksi dari 135 aksi.

Sementara, sebanyak 83 Program Aksi dari Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) pun telah diimplementasikan dengan total penerima manfaat program mencapai 5.115 orang.

Bangbang juga menyampaikan jika implementasi RAN PE juga telah berhasil mendukung lahirnya kebijakan terkait penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di level daerah.

"Pada tingkat daerah sejauh ini terdapat 8 provinsi dan 7 kabupaten/kota telah menetapkan kebijakan tingkat daerah dalam bentuk rencana aksi daerah penanggulangan ekstrimisme/RAD PE," jelasnya. (flo/jpnn)

BNPT mengatakan Perpres RAN PE sangat berarti untuk memastikan negara hadir memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia dari ancaman ekstrimis


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News