Sesungguhnya..Inilah Penyebab Eksekusi Terpidana Mati Terkatung-Katung

Sesungguhnya..Inilah Penyebab Eksekusi Terpidana Mati Terkatung-Katung
Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Waktu pelaksanaan hukuman mati terhadap terpidana kasus narkoba hingga saat ini belum jelas. Jaksa Agung HM Prasetyo mengaku ada beberapa hal yang membuat waktu pelaksanaan eksekusi itu berjalan lambat.

Salah satunya karena kejaksaan masih menunggu proses Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh terpidana asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso.

"Ada Mary Jane yang masih lakukan upaya hukum. Jadi kami tunggu. Enggak ada masalah," ujar Prasetyo di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/3).

Mary Jane saat ini masih menunggu pengajuan PKnya disidangkan oleh Mahkamah Agung. Dan kabarnya, proses peninjauan ini bisa memakan waktu lebih dari satu bulan. 

Selain itu, kata Prasetyo, pihaknya juga masih harus menunggu upaya hukum yang dilakukan pihak kuasa hukum duo Bali Nine Syuran Sukumaran dan Andrew Chan. Kuasa hukum keduanya saat ini tengah mengajukan banding terhadap penolakan grasi oleh Presiden Joko Widodo di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Menurut Prasetyo jika semua upaya hukum itu sudah diselesaikan Mary Jane dan duo Bali Nine, pihaknya baru bisa melaksanakan eksekusi. Pelaksanaan eksekusi, tegasnya, harus dilaksanakan serentak. Ia menampik ada tekanan pihak-pihak tertentu untuk membatalkan eksekusi tersebut.

"Kita tunggu semua aja lah. Karena nanti kalau justru akan merepotkan kita. Kita inginnya supaya segera selesai semua," tandas Prasetyo. (flo/jpnn)


JAKARTA - Waktu pelaksanaan hukuman mati terhadap terpidana kasus narkoba hingga saat ini belum jelas. Jaksa Agung HM Prasetyo mengaku ada beberapa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News