Setahun, 100 Ribu Kapal Melintas di Area Rawan Disergap Abu Sayyaf

Setahun, 100 Ribu Kapal Melintas di Area Rawan Disergap Abu Sayyaf
Retno Marsudi. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JOGJAKARTA – Pemerintah Indonesia, Filipina, dan Malaysia menyepakati patroli terkoordinasi yang bakal dilakukan oleh angkatan bersenjata tiga negara.  

Pertemuan menteri luar negeri dan panglima tentara di Jogjakarta juga terus mematangkan skema pengamanan bersama di perairan tiga negara. 

Skema yang bakal diterapkan akan sama seperti kerja sama pengamanan Selat Malaka. Selain itu, juga dimungkinkan kemudahan akses ke wilayah maritim negara lain dalam keadaan mendesak. 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, setiap armada bakal berpatroli di wilayah masing-masing untuk menutup celah dari perompak. 

’’Ini akan menjadi operasi permanen. Namun, untuk teknis operasionalnya akan dibahas oleh tiga Panglima. Yang jelas, skema pengamanan Selat Malaka akan menjadi acuan dalam pengamanan nanti,’’ kata Menlu usai pertemuan Gedung Agung, Jogjakarta, kemarin.

Retno mengatakan, semua delegasi sadar bahwa isu keamanan perairan sangat mendesak untuk diselesaikan. Terutama, tentang aspek wilayah sekitar Filipina Selatan yang merupakan jalur ekonomi strategis dari masing-masing negara.  

”Tahun lalu saja terdapat lebih dari 100 ribu kapal melintas di wilayah perairan Sulu. Total barang yang dibawa mencapai 55 juta metric ton kargo dalam 1 juta kontainer. Di sisi lain, perairan itu juga dilewati oleh 18 juta penumpang tahun lalu,’’ tegasnya.

Kepentingan stabilitas wilayah tersebut, lanjut dia, semakin tinggi dengan meningkatnya penculikan warga sipil oleh kelompok bersenjata. Baik warga negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina telah menjadi korban. 

JOGJAKARTA – Pemerintah Indonesia, Filipina, dan Malaysia menyepakati patroli terkoordinasi yang bakal dilakukan oleh angkatan bersenjata tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News