Setahun, 40 Ribu Pasangan Cerai

Setahun, 40 Ribu Pasangan Cerai
Setahun, 40 Ribu Pasangan Cerai
BANDUNG - Jumlah pasangan yang menikah dalam setahun di Jawa Barat mencapai sekitar 400 ribu. Data yang disebutkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar, Saerodji, dalam setahun di provinsi yang kini dipimpin Gubernur Ahmad Heryawan itu, sebanyak 40 ribu pasangan melakukan perceraian.

Ini merupakan angka yang tergolong tinggi, yakni mencapai 10 persen dari jumlah pernikahan. Saerodji menduga, faktor utama yang mendorong terjadinya perceraian adalah masalah ekonomi. Kepala

"Perceraian rata-rata karena faktor ekonomi. Selain itu, ketidakcocokan pasangan juga paling banyak ditemukan," ujar Saerodji, usai Pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan dan Kinerja di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, kemarin (18/7).

Dia mengatakan, pihaknya tidak tinggal diam. Menurut Saerodji, mengantisipasi tingginya kasus percerain di Jabar tersebut, pihaknya terus berupaya menekan angka perceraian. Misalnya, dengan menggelar kursus pra nikah kepada pasangan yang hendak menikah. "Kami berikan pemahaman jenjang keluarga, membina rumah tangga, hingga ilmu keagamaan," kata dia.

BANDUNG - Jumlah pasangan yang menikah dalam setahun di Jawa Barat mencapai sekitar 400 ribu. Data yang disebutkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News