Setelah BLT Cair, BSU Menyusul Secara Bertahap, Silakan Cek

Setelah BLT Cair, BSU Menyusul Secara Bertahap, Silakan Cek
Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap I sebesar Rp 600 ribu mulai cair hari ini melalui Bank Himbara. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi memastikan bantuan langsung tunai (BLT) sudah mulai disalurkan pada awal September.

Begitu pula dengan BSU (bantuan subsidi upah) juga mulai didistribusikan pada Senin (12/9).

BLT ditujukan bagi 20,65 juta warga tak mampu, maka BSU dialokasikan untuk sekitar 16 juta pekerja bergaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan di seluruh Indonesia.

"InsyaAllah dana BSU (bantuan subsidi upah) 600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin ini sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU (atau BLT subsidi gaji) yang sudah memiliki rekening Bank Himbara," jelas Anwar.

Menurut Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, berdasarkan kajian Pemerintah, tambahan dana Rp24,17 triliun untuk melengkapi berbagai program perlindungan sosial yang sudah ada di APBN, bisa membantu masyarakat tak mampu menghadapi tekanan ekonomi saat ini. Terutama lonjakan inflasi yang diprediksi paling tidak terjadi dua bulan usai kebijakan penyesuaian harga BBM.

"Semoga November mulai kembali ke pola normal. Biasanya inflasi yang seperti ini cepat, dalam satu dua bulan naik, kemudian bulan ketiga mulai normalisasi," kata Suahasil.

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, pemerintah memastikan tujuan penyesuaian harga BBM akan tercapai.

Kebijakan ini merupakan koreksi atas akses subsidi selama ini yang tidak tepat sasaran.

Pemerintah sejauh ini terus memastikan tujuan penyesuaian harga BBM akan tercapai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News