Setelah Gus Arya, Chandra Menilai Ucapan Habib Kribo, Kalimatnya Tegas

Setelah Gus Arya, Chandra Menilai Ucapan Habib Kribo, Kalimatnya Tegas
Ketua LBH Pelita Umat sekaligus Ketua Eksekutif BPH KSHUMI Chandra Purna Irawan. Foto: dokpri Chandra

jpnn.com, JAKARTA - Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan memberi pendapat hukum tentang ucapan Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo tentang Tuhan, yang videonya viral di media sosial.

Dalam legal opini yang diterima JPNN.com, Chandra menyertakan pokok perkataan pria diduga bernama Zein alias Habib Kribo sebagaimana video yang viral.

"..., Allah, wanita dicipta itu apa? Dari kemuliaan. Manusia itu satu-satunya makhluk Tuhan yang punya daya cipta itu perempuan. Kalau tidak ada wanita, Allah tidak bisa mencipta ..., dengan adanya wanita itu hamil... Allah bisa memproses penciptaan anak. Jadi, Ibu tuh ya, Tuhan Anda".

"Bahwa jika benar itu pernyataan Zein, maka dapat memenuhi unsur dugaan pidana penistaan agama," kata Chandra dalam legal opininya, Rabu (19/1).

Unsur penistaan agama dimaksud, yaitu penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama mengacu pernyataan '...apabila tidak ada wanita, maka Allah tidak bisa mencipta'.

"Pernyataan Zein tersebut bersumber dari dalil agama? Atau bersumber dari pokok-pokok ajaran agama?" kata Chandra mempertanyakan.

Ketua eksekutif BPH KSHUMI (Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia) itu menilai pernyataan Habib Kribo tersebut seolah-olah meragukan atau merendahkan Kekuasaan, Kehebatan, dan Kemahaan Allah.

"Jika tidak memiliki dasar, maka (ucapan itu) dapat dinilai 'penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama," ujar Chandra.

Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan menyoroti ucapan Habib Kribo soal Tuhan. Sebelumnya dia juga menyentil omongan Gus Arya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News