Jumatan di Karawang, Ganjar Menziarahi Makam Syekh Quro

Jumatan di Karawang, Ganjar Menziarahi Makam Syekh Quro
Capres nomor urut tiga di Pilpres 2024 menziarahi makam Syekh Quro di Karawang, Jumat (15/12). Dok: Tim Media Ganjar Pranowo.

jpnn.com, KARAWANG - Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo berkesempatan menziarahi makam Syekh Quro di kompleks Masjid Agung Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

Syekh Quro sendiri disebut memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Islam di Karawang pada abad ke-14.

Masyarakat Karawang meyakini bahwa Syekh Quro datang bersama para santrinya, yakni Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana Madzkur, dan Nyai Subang Larang, ke Pulau Jawa pada abad ke-14.

Mereka datang dengan menumpang kapal yang dipimpin Laksamana Cheng Ho yang tengah dalam perjalanan menuju Majapahit. Dalam pelayarannya itu, armada Cheng Ho mendarat di Pura Karawang.

Syekh Quro beserta para santrinya pun turun di Karawang dan menetap di sana. Selama di Karawang, ulama itu menyebarkan agama Islam dengan mendirikan pondok pesantren bernama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Al-quran, pada 1418 M.

Di kalangan masyarakat Karawang, makam Syekh Quro berada di dua lokasi yang berbeda. Pertama di komplek Masjid Agung dan satunya di Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang.

Ganjar Pranowo yang tengah melakukan lawatan di Karawang kemudian singgah dan berziarah ke makam Syekh Quro seusai menjalankan salat Jumat.

Pengurus Masjid Agung Syekh Quro Karawang, H Ceceng Syarif Husain mengaku bangga bisa bersilaturahmi dengan Ganjar sekaligus berziarah ke makam leluhur.

"Kami bangga karena Pak Ganjar, salah satu capres bisa bersilaturahmi. Tadi salat Jumat berjemaah dan berziarah ke makam Syekh Quro yang berada di kompleks masjid ini," ujar dia.

Capres nomor urut tiga di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menziarahi makam Syekh Quro yang ada di Karawang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News