Setelah Soekarno, Jokowi Presiden Ke 2 yang ke Afghanistan

Setelah Soekarno, Jokowi Presiden Ke 2 yang ke Afghanistan
Presiden Joko Widodo saat kunker ke Afghanistan. Foto: Setpres

jpnn.com, KABUL - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana akhirnya mendarat di Bandara Internasional Hamid Kariadi, Kabul, Afghanistan pada Senin (29/1 pukul 11.40 Waktu Setempat (WS) atau 14.10 WIB.

Kunjungan Kenegaraan Presiden yang beken disapa dengan pengilan Jokowi ini merupakan yang kedua dilakukan pemimpin Indonesia ke Afghanistan.

Sebelumnya, Presiden Soekarno datang ke Afghanistan pada 1961 atau 57 tahun silam.

Di pintu pesawat, Duta Besar Republik Indonesia untuk Afghanistan Arief Rachman dan Kepala Protokol Negara Afghanistan menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan.

"Udara dingin bahkan hujan salju yang menyelimuti Kabul tidak mengurangi hangatnya penyambutan yang dilakukan pemerintah Afghanistan," ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan persnya.

Kedatangan mantan gubernur DKI Jakarta di negara yang pekan lalu dibombardir Taliban, disambut sejumlah pejabat, mulai Wakil Presiden Sarwar Danish, Menteri Luar Negeri Salahudin Rabbani.

Ada juga Menteri Keuangan Eklil Hakimi, Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani, Gubernur Kabul Mohammad Yaqoub Haidan, hingga Walikota Kabul Abdullah Habibzal.

"Dari bandara, Presiden melanjutkan perjalanan dengan mobil yang telah disediakan menuju Istana Presiden Arg," tambah Bey.(fat/jpnn)


Presiden Soekarnop pernah mengunjungi Afghanistan pada 1961 atau 57 tahun silam.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News