Setiap Ibu Hamil di Batam Disantuni Rp500 Ribu

Setiap Ibu Hamil di Batam Disantuni Rp500 Ribu
Setiap Ibu Hamil di Batam Disantuni Rp500 Ribu
BATAM - Dinas Kesehatan Kota Batam memberikan bantuan Jaminan Persalinan (Jampersal) sebesar Rp350 ribu sampai Rp500 ribu untuk ibu-ibu hamil yang tak memiliki asuransi kesehatan. Bantuan tersebut mulai diberikan bulan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Chandra Rizal mengatakan, Jampersal merupakan program Kementerian Kesehatan dengan total anggaran untuk Batam sebesar Rp4 miliar. Ibu yang melahirkan normal mendapat Rp350 ribu, sementara yang menjalani persalinan caesar Rp500 ribu. Selain biaya persalinan, Jampersal juga menyediakan dana Rp10 ribu untuk setiap kali pemeriksaan. Pemeriksaan itu dilakukan empat kali selama masa hamil sembilan bulan.

Chandra mengatakan, program tersebut untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. "Agar nantinya tahun 2015, kematian ibu dan bayi berkurang. Dana yang disiapkan kurang lebih Rp4 Miliar," tutur Candra seperti dilansir Batam Pos (JPNN Group).

Ia berharap bidan dan dokter swasta mau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk menjalankan program tersebut. "Harapan saya, agar bidan dan dokter peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu yang tak punya jaminan kesehatan melalui Jampersal dalam pelayanan ibu hamil. Saat ini sudah ada bidan dan dokter yang telah bergabung dalam program kita," jelas Chandra

BATAM - Dinas Kesehatan Kota Batam memberikan bantuan Jaminan Persalinan (Jampersal) sebesar Rp350 ribu sampai Rp500 ribu untuk ibu-ibu hamil yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News