Setnov Pimpin Langsung Bapilu Golkar agar Jokowi Menang Lagi

Setnov Pimpin Langsung Bapilu Golkar agar Jokowi Menang Lagi
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Golkar Setya Novanto dalam konferensi pers di Istana Negara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golongan Karya (Golkar) yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur resmi berakhir. Forum tertinggi kedua di Golkar setelah musyawarah nasional (munas) itu ditutup, Selasa (23/5) sore.

Hasil dari Rapimnas Golkar adalah rekomendasi pembentukan badan pemenangan pemilu (Bapilu) untuk 2019. Ketua Umum Golkar Setya Novanto pun dipercaya memimpin langsung Bapilu.

Selanjutnya, politikus yang beken disapa dengan panggilan Setnov itu didaulat membentuk struktur kepengurusan Bapilu. Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, penunjukan Setnov sebagai ketua Bapilu ad hoc untuk mengoordinasikan berbagai kekuatan guna mencapai target.

"Jadi ini bukan bicara orang per orang, tapi diserahkan ke DPP dan ketua umum sebagai penanggung jawab," ujarnya di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur yang menjadi lokasi Rapimnas Golkar, Selasa (23/5).? 

Selama ini, jabatan posisi ketua Bapilu Golkar dipegang oleh selain ketua umum. Namun, Idrus menegaskan bahwa keputusan Golkar menunjuk Setnov sebagai ketua Bapilu justru demi memudahkan konsultasi dan koordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Golkar memang sudah sejak 2016 menetapkan Jokowi sebagai calon presiden untuk Pemilu 2019.  "Seluruh program dan langkah pemenanganan dari partai harus terkoordinasi dengan capres. Ketum nanti (Novanto, red) yang melakukan komunikasi dengan presiden dan pihak lain," ujar Idrus.?

Terkait dengan elektabilitas Partai Golkar yang saat ini menurun, Idrus menjelaskan, partai berlambang beringin hitam itu akan memberi masukan sekaligu mengapitalisasi program-program pemerintah. Integrasi program pemerintah dengan kapitalisasi program diyakini mampu mendongkrak elektabilitas dari Partai Golkar.?

"Sudah pasti ada timbal balik. Kami dukung Jokowi melalui program, dampaknya adalah elektabilitas bagi partai," tandasnya.(bay/jpg)


Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golongan Karya (Golkar) yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur resmi berakhir. Forum tertinggi kedua


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News