Setoran Susu Mulai Jalan

Setoran Susu Mulai Jalan
Setoran Susu Mulai Jalan
SLEMAN - Di tengah terpuruknya ekonomi akibat erupsi Merapi, salah satu koperasi yang menghimpun para peternak sapi perah di Sleman mulai pulih, meski produksi susu sapi masih dibawah biasanya. Pulihnya koperasi ini, diharapkan dapat memulihkan kondisi ekonomi para anggotanya yang juga sempat terpuruk setelah cukup lama ditinggal mengungsi dan tak berproduksi.

"Dari sekitar 1400 sapi milik sekitar 500 peternak sapi perah yang menjadi anggota koperasi, setidaknya sudah ada separuh yang mulai menyetor susu segar setelah lama mandeg," ujar Ketua Koperasi Susu Warga Mulya Pakem.

Meski kegiatan menyetor susu sudah mulai dilakukan para anggotanya lagi, lanjutnya, jumlah setoran susu belum bisa maksimal lantaran banyak sapi yang produksi susunya menurun. Bahkan, ratusan liter susu sapi terpaksa tak bisa dikirim ke pabrik yang biasa mengambil susu-susu tersebut lantaran hasil susu sapi kini tak memenuhi syarat higienis.

Hal ini ditengarai oleh kondisi tempat penampungan ternak sementara yang juga kurang bersih. Kandang-kandang sementara itu, kondisinya sangat tak memenuhi syarat sebagai kandang sapi perah. Alas merupakan tanah yang sudah becek tercampur air dan kotoran sapi. Sehingga jika sapi diperah, susu yang dihasilkan juga akan terkontaminasi kotoran tersebut.

SLEMAN - Di tengah terpuruknya ekonomi akibat erupsi Merapi, salah satu koperasi yang menghimpun para peternak sapi perah di Sleman mulai pulih,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News