Seusai Bertemu Pejabat Kemendikbudristek, Organisasi Guru Melunak

Seusai Bertemu Pejabat Kemendikbudristek, Organisasi Guru Melunak
Organisasi guru mengapresiasi sosialisasi kurikulum prototipe. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mengapresiasi Kemendikbudristek dalam sosialisasi kurikulum prototipe.

Ini setelah Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek mengundang akademisi, pegiat pendidikan, dan perwakilan organisasi guru dalam diskusi terpumpun mengenai kebijakan kurikulum pada Rabu, 5 Januari. 

"Kami P2G sangat apresiasi forum penting ini. Kepala BSKAP membuka ruang bagi kami pegiat pendidikan, organisasi guru, para guru  yang berada di level pelaksana kebijakan kurikulum, memberikan masukan, kritik, saran," terang Satriwan di Jakarta, Rabu (5/1). 

Guru SMA yang dikenal sering mengkritisi pemerintah ini melanjutkan, dibukanya ruang komunikasi antara pejabat Kemendikbudristek dengan pegiat pendidikan terlebih organisiasi guru, akan menciptakan transparansi, sinergisitas, dan gotong-rotong dalam memulihkan pendidikan pascapandemi. Khususnya bagaimana kurikulum prototipe akan dilaksanakan ke depan. 

Menurut Satriwan, Anindito Aditomo selaku kepala BSKAP menyimak betul semua yang mereka utarakan. Evaluasi, kritik, dan masukan bagaimana program sekolah penggerak 6 bulan dijalankan, apa kendalanya. Termasuk antisipasi tantangan implementasi kurikulum prototipe nanti. 

"Ruang dialog terbuka begini hendaknya dirawat terus. Dan kepala BSKAP sudah memulainya," lanjut Satriwan.

Turut hadir dalam diskusi terpumpun ialah Imam Prasodjo (UI), Haidar Bagir (Cendekiawan Muslim), Iwan Pranoto (ITB), Cecep Darmawan (UPI), Anita Lie, Inggriani Liem, Satria Dharma, Satriwan Salim (P2G), Danang Hidayatullah (IGI), Heru Purnomo (FSGI), Bukik Setiawan (YGB), dan beberapa pegiat pendidikan lainnya. 

Sebagaimana diketahui, secara nasional sekolah/madrasah di Indonesia sudah menggunakan kurikulum 2013. Sementara itu karena pandemi, Kemendikbudristek membuat kebijakan kurikulum darurat sejak Agustus 2020.

Organisasi guru P2G mulai melunak setelah Kemendikbudristek mengundang dialog membahas kurikulum prototipe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News