SG Incar Tiga Pabrik di ASEAN

SG Incar Tiga Pabrik di ASEAN
SG Incar Tiga Pabrik di ASEAN
JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk tengah mengincar pabrik semen di luar negeri. Pabrik semen tersebut berada di lokasi yang berbeda, di antaranya Malaysia, Filipina, dan Thailand. "Tiga-tiganya masih kita sounding," ujar Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Sutjipto di Jakarta.

Sayangnya, Dwi enggan menyebutkan kapan proses akuisisi tersebut akan dilakukan perseroan. Namun yang jelas, jika rencana akuisisi tersebut terealisasi maka perseroan akan menjadi pemilik saham mayoritas di pabrik eksisting yang akan diakuisisinya itu. "Kita akan masuk sebagai mayoritas di sana sehingga bisa mendapatkan added value yang lebih optimal," kata Dwi.

A menjelaskan, pada tahun ini perseroan memang sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 3 triliun untuk mengakuisisi pabrik semen dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun.Ia juga tidak menutup kemungkinan bahwa perseroan juga akan mengakuisisi pabrik semen di dalam negeri. Saat ditanya soal rencana untuk masuk ke PT Semen Batu Raja, Dwi menjelaskan bahwa hal itu tergantung pada pemerintah. "Kalau pemerintah mengizinkan, Semen Gresik berminat. Kalau mau dilepas 100 persen kami siap. Tapi itukan tergantung mereka mau lepas berapa," ungkapnya.

Ia menargetkan kapasitas produksi akan meningkat dari 18,5 juta ton pada 2009 menjadi 19,5 juta ton di tahun ini, seiring dengan akan beroperasinya pabrik-pabrik yang tengah dibangun Semen Gresik. "Sementara untuk penjualan di tahun ini, kami perkirakan akan mendekati angka 19 juta ton," katanya.

Namun, kinerja perseroan pada kuartal II ini diperkirakan akan menurun. Jika pada kuartal I 2010 tumbuh 15 persen, maka pada kuartal berikutnya hanya tumbuh 8 persen. "Sekarang ini sedang ada guncangan-guncangan di Yunani dan itu memengaruhi investasi.

JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk tengah mengincar pabrik semen di luar negeri. Pabrik semen tersebut berada di lokasi yang berbeda, di antaranya Malaysia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News