Shutdown Berakhir: Demokrat 1 - Donald Trump 0

Shutdown Berakhir: Demokrat 1 - Donald Trump 0
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani proposal anggaran pemerintah federal yang menandai berakhirnya shutdown. Foto: EPA

jpnn.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengalah. Jumat (25/1), pemimpin 72 tahun itu meloloskan proposal Partai Demokrat untuk mengakhiri shutdown parsial.

BACA JUGA: Terungkap, Trump Paksa Pengacaranya Bohongi Kongres

Dia mengizinkan pencairan anggaran sementara pemerintah untuk membiayai negara dalam tiga pekan. Shutdown terlama sepanjang sejarah Negeri Paman Sam pun berakhir.

"Kesatuan adalah kekuatan kami. Selama ini, mungkin kekuatan itulah yang diremehkan presiden," ujar Nancy Pelosi, ketua House of Representatives, sebagaimana dilansir Washington Post.

Demokrat berhasil mengegolkan proposal yang dibenci Trump itu setelah melewati negosiasi panjang. Suami Melania tersebut akhirnya memberikan lampu hijau pada anggaran yang sama sekali tidak menyinggung rencana pembangunan tembok permanen di perbatasan AS dan Meksiko itu.

Tanpa anggaran pembangunan tembok USD 5,7 miliar atau sekitar Rp 80 triliun, pemerintah akan mengucurkan dana untuk membiayai kebutuhan negara hingga 15 Februari mendatang. Lantas, bagaimana anggaran selanjutnya? Trump dan Pelosi akan kembali berunding untuk membahasnya.

BACA JUGA: Shutdown Tak Kunjung Usai, Pegawai Federal AS Hidup dari Sedekah

Setelah Trump menyerah pada Jumat sore, proposal tersebut ditandatangani Pelosi. Selanjutnya, proposal dibawa ke senat. Malamnya, Trump meneken proposal yang sudah direstui House of Representatives dan Senat AS itu.

Shutdown parsial pemerintah Amerika Serikat akhirnya berakhir. Presiden Donald Trump kecele. Partai Demokrat semringah

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News