Siap Manjakan Lidah, PKB 2017 Bakal Gelar Pesta Kuliner

Siap Manjakan Lidah, PKB 2017 Bakal Gelar Pesta Kuliner
Betutu Men Tempeh. Foto: dok radarbali/jpg

jpnn.com, BALI - Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2017 ini benar-benar komplit digarap tuntas di semua lini. Perhelatan yang bakal dilangsungkan tanggal 10 Juni 2017 hingga 8 Juli 2017 itu selain akan menyajian berbagai pertunjukan seni dan budaya di Bali, juga akan dimeriahkan pesta kuliner.

”Nanti 9 kabupaten dan kota di Bali akan menggelar pesta kuliner selama acara PKB 2017 berlangsung. Semua makanan kuliner ciri khas dan unggulannya akan disajikan di Art Centre Bali setiap hari selama pelaksanaan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali AA Yuniartha Putra.

Pria yang biasa disapa Agung itu mengatakan, setiap provinsi pasti ada berbagai macam masakan dan ciri khas. ”Contohnya saja Ayam Betutu. Ayam Betutu Denpasar pasti berbeda dengan Ayam Betutu Gianyar. Beda pedasnya, beda bumbunya, nikmatnya pun berbeda, ini pasti menjadi idola wisatawan, mereka pasti ketagihan,” ujar pria Agung.

Ke-9 Kabupaten atau Kota di Bali itu adalah, Kabupaten Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng dan Denpasar. Ke-9 kota dan kabupaten itu tentunya akan menyajikan makanan-makanan terbaiknya.

Selain Ayam Betutu, sebut saja Sate Lilit, Lawar Kuwir, Babi Guling, Nasi Campur Ayam Bali, Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung, Serombotan, Tipat Blayag, Nasi Jinggo, dan Nasi Tepeng.

”Semua wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara semua akan dihidangkan di area Art Centre. Setiap daerah berbeda rasa, berbeda penyajian, mayoritas nama sama, tapi kalau rasa pasti berbeda. Maka silahkan datang saja ke Bali,” kata Agung.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Wisata Budaya Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan, berpromosi dengan mengedepankan masakan atau kuliner Indonesia adalah cara yang efektif untuk Pariwisata Indonesia.

”Kuliner itu adalah sebagai kultur diplomasi bangsa kita, juga bagian dari budaya tiap daerah di negara kita, di PKB 2017 ini ada Kuliner juga sangat baik dan efektif,” ujar Esthy yang juga diamini Wawan.

Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2017 ini benar-benar komplit digarap tuntas di semua lini. Perhelatan yang bakal dilangsungkan tanggal 10 Juni 2017

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News