Siap-Siap, Bakal Ada 84 Polsek Baru di Indonesia

Siap-Siap, Bakal Ada 84 Polsek Baru di Indonesia
PWI mengkritisi surat telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Posko Presisi Polri mulai mencatatkan capaian program unggulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kebijakan utama transformasi organisasi. Salah satu capaian yang segera terealisasi yakni pemenuhan satu kecamatan satu polsek.

Hal ini akan diberlakukan secara bertahap dan mengubah kewenangan polsek pada daerah tertentu hanya untuk harkamtibmas atau tidak melakukan penyidikan.

Penanggung jawab 01 program prioritas Kapolri yakni Irjen R.Z. Panca Putra mengatakan, aksi ini telah ada dari program unggulan dalam 60 hari. Bahwa telah ada keputusan dari 23 polda untuk membentuk 84 polsek.

“Pak Kapolri telah menerima surat laporan dari 23 polda dimaksud,” ujar dia dalam siaran persnya, Senin (26/4).

Panca menuturkan bahwa wilayah hukum yang paling banyak membangun, dalam rencana ini adalah Lampung sebanyak 12 polsek, Sulawesi Tenggara sebanyak 9 polsek, dan Jawa Barat serta Jawa Timur masing-masing tujuh polsek.

“Dengan dibentuknya 84 polsek baru sebagai capaian aksi unggulan Kapolri soal penataan organisasi, maka diharapkan akan memberikan dampak yang langsung berpengaruh terhadap pelayanan Polri kepada masyarakat,” ujar dia.

Capaian tersebut juga paralel dengan program penataan organisasi berupa mengubah kewenangan polsek pada daerah tertentu hanya untuk Harkamtibmas atau tidak melakukan penyidikan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat keputusan terhadap peran 1.062 kepolisian sektor. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/613/III/2021 itu, kepolisian sektor tidak lagi diperkenankan untuk menyidik suatu kasus. (cuy/jpnn)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal membangun 84 Polsek baru di beberapa daerah.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News