Siap-siap, Bulan Ini 13 Lembaga Bakal Dibubarkan

Siap-siap, Bulan Ini 13 Lembaga Bakal Dibubarkan
MenPAN RB Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, akhir Agustus ini akan ada 12-13 lembaga/komite lagi yang akan dihapuskan.

Penghapusan tahap pertama sudah dilakukan pada Juli 2020 di mana 18 lembaga telah dibubarkan.

"Setelah membubarkan 18 lembaga/komite, insyaallah akhir bulan ini akan dilakukan penghapusan 12 sampai 13 lembaga/komite lagi. Ini untuk memenuhi visi misi presiden dan wakil presiden dalam penyederhanaan birokrasi," kata Menteri Tjahjo dalam rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi yang dilakukan virtual, Selasa (11/8).

Dia menyebutkan, lembaga/komite yang akan dibubarkan ini karena adanya tumpang tindih fungsi dengan kementerian sehingga memboroskan anggaran negara.

Selain pembubaran lembaga, Menteri Tjahjo menyebutkan, hingga Juli 2020, sudah 68 persen instansi pusat dan daerah yang melakukan penyederhanaan birokrasi.

Jabatan-jabatan struktural eselon III, IV, dan V dipangkas. Kemudian dialihkan ke fungsional.

Mantan menteri dalam negeri ini optimistis, target presiden dan wapres agar pengalihan jabatan struktural ke fungsional ini selesai hingga akhir Desember bisa tercapai..

"Setelah ini penyederhanaan birokrasi akan terus berlanjut, baik pembubaran lembaga/komite dan pemangkasan jabatan eselon III, IV, dan V. Prosesnya sampai Desember 2020," pungkasnya. (esy/jpnn)

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyebutkan akan ada pembubaran 13 lembaga dan atau komite pada akhir Agustus


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News