Siap-siap, CPNS Ikut Latihan Militer

Siap-siap, CPNS Ikut Latihan Militer
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R memberikan pembekalan kepada CPNS Bakamla di Aula Mako Bakamla, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019). CPNS Bakamla akan mengikuti Latihan Dasar Militer. Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Keamanan Laut (Bakamla) akan diberangkatkan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti Latihan Dasar Militer.

Sebelum pemberangkatan CPNS Bakamla, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R memberikan pembekalan di Aula Mako Bakamla, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Humas Bakamla dalam keterangan persnya, menyebutkan personel yang akan berangkat untuk mengikuti Latdasmil di Batalyon Infanteri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha disingkat Yonif 10 Marinir/SBY, Setokok, Batam, Kepulauan Riau itu merupakan CPNS Bakamla angkatan 2018.

Kepala Bakamla menegaskan kembali arahan yang pernah disampaikan di awal saat mulai mengambil alih komando Bakamla, bahwa ada tugas yang harus dilakukan yaitu mendidik personel Bakamla menjadi paramiliter, untuk dibentuk menjadi komponen cadangan TNI.

Jika dikaitkan dengan tugas universal Coast Guard seluruh dunia, lanjutnya, salah satunya yaitu melaksanakan tugas pertahanan.

“Sehingga tidak mungkin kalau kita yang berada di laut tanpa dibekali oleh instansi yang cukup. Karena di laut bukanlah habitat kita, habitat kita di darat, sehingga harus ada ekstra pembekalan. Karena keberhasilan Bakamla bukan di darat, tapi di laut,” tegas Laksdya Taufiq.

Menurutnya, untuk mewujudkan tujuan tersebut dilakukan koordinasi dan digunakan satdik yang sudah ada. “Karena kita nanti akan menjadi komponen TNI terkait keamanan laut, maka di dalam pelatihan, di dalam pendidikan, Angkatan Laut dan Bakamla akan bekerja sama, karena medan tugasnya sama, dan nanti dilengkapi dari kepolisian karena kesehariannya sebagai penegak hukum,” ucapnyanya.(fri/jpnn)


Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Keamanan Laut (Bakamla) akan diberangkatkan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti Latihan Dasar Militer.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News