Siap-siap! Terobos Perlintasan Kereta Bakal Ditilang

Siap-siap! Terobos Perlintasan Kereta Bakal Ditilang
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Perlintasan kereta api tanpa palang pintu dinilai rawan bagi keselamatan pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat yang melintas.

Apalagi, sudah ada sejumlah kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Kota Bekasi.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol I Nengah mengatakan, dengan adanya perlintasan yang tidak memiliki palang pintu resmi, maka masyarakat harus memiliki kesadaran dalam berkendara.

“Rawan, sebetulnya harus ada palangnya semua, dengan kondisi yang ada sekarang masyarakat harus banyak pelajaran ya, banyak kejadian–kejadian. Itu kan fatal sekali, senggol sedikit saja tangan patah, apalagi sampai telak,” katanya saat ditemui, Kamis (4/1).

Karena itu, pihaknya berencana mengambil tindak tilang kepada pengendara yang masih nekat menerobos palang pintu perlintasan kereta api.

“Bisa seperti itu, kami mengimbau metode pencegahannya sudah ada, tinggal tindak hukum, karena memang fatalitasnya tinggi,” ujarnya.

Namun, jika melihat kondisi saat ini, dikatakan Nengah, pihaknya belum dapat menerjunkan personil di setiap palang pintu perlintasan kereta api.

“Kalau khusus disana sementara ini belum ada. Cuma kita bisa melakukan kegiatan itu random ya waktunya, dengan kekuatan yang memang kita tebatas juga, kalau khusus kesana sementara belum ada. Iya (akan ada razia), waktunya tentu kita random aja, ya kita lebih kepada pencegahan,” ucapnya.

Dengan adanya perlintasan yang tidak memiliki palang pintu resmi, maka masyarakat harus memiliki kesadaran dalam berkendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News