JPNN.com

Siap-siap yang Nekat Mudik dan Positif Covid-19 akan Langsung Diisolasi Mandiri

Rabu, 05 Mei 2021 – 15:14 WIB
Siap-siap yang Nekat Mudik dan Positif Covid-19 akan Langsung Diisolasi Mandiri - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo saat memeriksa jalur penyekatan. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, BREBES - Selama masa larangan mudik, Pemprov Jateng lakukan tes acak (rapid antigen) untuk mengantisipasi adanya pemudik yang positif Covid-19.

Pada Selasa (4/5), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek pelaksanaan tes acak yang digelar Polrestabes Batang di rest area KM379 arah Jakarta-Semarang.

Pengetatan dilakukan dengan metode drive thru. Semua penumpang yang masuk ke rest area tersebut diarahkan masuk ke tempat rapid tes antigen yang disiapkan tanpa perlu turun dari mobil.

Selanjutnya, petugas yang siaga akan melakukan pengecekan. Apabila pengendara sudah membawa surat rapid antigen, maka tidak perlu dilakukan pengetesan.

"Ini cara yang dilakukan kepolisian untuk melakukan checking (pengecekan) dari orang-orang yang melakukan perjalanan. Yang sudah bawa izin dan hasil tes maka dipersilakan jalan, tapi yang tidak bawa hasil tes langsung dites di sini," kata Ganjar.

Dia menerangkan pengetesan acak itu sebagai upaya screening. Dia berharap kepolisian Polres Batang bersama TNI bisa mendukung upaya yang dilakukan pemerintah itu.

Tes Acak, Satu Orang Positif

Dari laporan yang disampaikan petugas, tes acak ini sudah dilakukan sejak tanggal 2 Mei lalu. Bahkan, sudah ada temuan satu orang positif Covid-19 dari Tulungagung.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...