Siapa Bilang Anggaran Pelatnas Disetop? Nih, Penjelasan Menpora Amali

Siapa Bilang Anggaran Pelatnas Disetop? Nih, Penjelasan Menpora Amali
Menpora Amali dalam jumpa pers virtual. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memastikan pemerintah tetap menyalurkan anggaran kepada atlet dan pelatih dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas), meskipun SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam ditunda. 

Kemenpora menegaskan hal tersebut setelah melakukan rapat koordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia terkait penundaan SEA Games 2021, Senin (12/7) siang.

"Tadi dalam pembahasan kami, memang benar bahwa di dalam perencanaan penganggaran yang ada di Kemenpora, bantuan pemerintah itu diberikan dalam rangka peningkatan prestasi olahraga nasional. Jadi oleh karena itu memungkinkan untuk pelatnas tetap ada," katanya, dalam jumpa pers virtual, Senin.

Sikap pemerintah itu bukan tanpa alasan. Sebab, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan menghadapi banyak sekali event olahraga baik yang single event ataupun multi event.

Beberapa ajang itu antara lain Asian Games 2022 dan SEA Games 2022.

Menurutnya, cabang-cabang olahraga yang ikut dalam dua event olahraga ini tidak terlalu banyak perbedaan dan bahkan mayoritas atletnya sama.

"Sejalan dengan itu, maka latihan ini akan tetap dilakukan. Namun, tentu kami akan melihat, akan membicarakan dengan induk cabang olahraga yang juga akan kami komunikasikan kepada NOC Indonesia," katanya.

Sebelumnya, ada informasi yang tak valid dan menyebutkan bahwa anggaran pelatnas akan disetop seiring mundurnya SEA Games dari akhir 2021 menjadi ke 2022 karena pandemi Covid-19 di Vietnam cukup tinggi.

Menpora Amali memastikan mundurnya jadwal SEA Games 2021 Hanoi ke 2022 tak akan memengaruhi program latihan cabor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News