Siapa Bilang Sering Keramas Membuat Rambut Gampang Rontok?

Siapa Bilang Sering Keramas Membuat Rambut Gampang Rontok?
Selain faktor genetik, rambut rontok juga disebabkan karena kesalahan dalam merawatnya. Foto: JPNN.

jpnn.com - Ketika rambut Anda rontok dan mulai menipis, apa yang Anda rasakan? Pasti Anda mulai hilang kepercayaan diri. Mau tidak mau, Anda akan terus memperhatikan kebiasaan Anda. Apa yang membuat rambut terus berguguran setiap hari.

Penelitian menunjukkan, ada banyak penyebab kerontokan rambut. Mulai dari gen keturunan hingga pola hidup yang tidak baik. "Orang mulai bereksperimen dengan berbagai obat yang membuat rambut semakin rontok,” kata konsultan dermatologist, Dr. Sakshi Shrivastava, seperti dilansir laman India Times, Selasa (27/10).

Berikut ini mitos mengenai kerontokkan rambut yang salah kaprah:

Mitos 1: Minyaki rambut Anda untuk mencegah rambut rontok.

Fakta: Meminyaki rambut tidak membantu mencegah rambut rontok. Justru itu bisa meningkatkan kerontokkan. Minyak rambut cenderung membuat debu menumpuk dan memblok folikel rambut Anda. Akibatnya, kerontokkan meningkat. Hal ini juga bisa menimbulkan masalah lainnya seperti jerawat di wajah.

Mitos 2: Sering mencuci rambut meningkatkan kerontokan.

Fakta: Mencuci rambut Anda 3-4 kali seminggu sebenarnya baik untuk rambut. Mencuci rambut secara sering akan membuat kulit kepala bersih dan membuat folikel rambut bisa bernapas. Jumlah rambut rontok pun bisa berkurang.

Mitos 3: Menggunakan kondisioner membuat rambut rusak.

Ketika rambut Anda rontok dan mulai menipis, apa yang Anda rasakan? Pasti Anda mulai hilang kepercayaan diri. Mau tidak mau, Anda akan terus memperhatikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News