Siapa Bisa Gantikan Peran Evan Dimas?

Siapa Bisa Gantikan Peran Evan Dimas?
Pemain Timnas Indonesia U-22 Evan Dimas Darmono saat latihan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Indonesia harus menjalani laga penentuan di Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Meladeni Vietnam di Stadion MP Selayang, Malaysia, Selasa (22/8) malam, timnas U-22 harus melakoninya tanpa kehadiran Evan Dimas Darmono. Akumulasi kartu kuning membuatnya harus absen.

Siapa penggantinya? Melihat uji coba pasukan asuhan Luis Milla selama persiapan menuju SEA Games, sejatinya ada beberapa nama yang bisa dipasang di posisi gelandang. Tapi, satu nama yang memiliki tipikal mirip Evan, Gian Zola sudah tak di tim. Praktis, tandem Evan Hargianto pun dipaksakan untuk dimainkan, meski kondisinya belum 100 persen.

Kehadiran Hargianto untuk menutup gap, saat Asnawi Mangkualam dimainkan, karena sejatinya dia adalah pemain bertipikal destroyer, tak bisa bermain lebih sabar seperti saat Evan-Hargianto diduetkan.

Tanpa Playmaker, sosok Osvaldo Haay, dan Septain David sejatinya bisa dicoba, karena secara tipikal, keduanya adalah pemain yang ulet, yang mampu menempatkan dirinya sebagai pemain yang men-servis pemain lain untuk mencetak gol.

Setidaknya, dalam laga nanti ada opsi memasang Hargianto-Hanif Sjahbandi- Septian David. Tapi, berisiko karena Vietnam memiliki pemain cepat dan gelandang yang bakal turun adalah Hargian-Hanif bisa keteteran.

Caranya, mengeplot perubahan dengan menempatkan satu gelandang jangkar yang tak perlu naik harus dilakukan. Untuk menyerang, sisi flank bisa dimaksimalkan sehingga tak terlalu berisiko saat lawan melakukan serangan balik.

Opsi paling jelek di lini tengah adalah menempatkan Asnawi dan Hanif bersamaan. Selain kurang cepat, permainan keras kedua pemain itu berpotensi memberikan hukuman ke Indonesia di depan area penalti karena keduanya mudah melakukan pelanggaran. (dkk/jpnn)


Indonesia harus menjalani laga penentuan di Grup B SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Meladeni Vietnam di Stadion MP Selayang, Malaysia, Selasa (22/8)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News