JPNN.com

Siapa Bisa Tahan Tiongkok dan Jepang di Piala Sudirman 2019?

Kamis, 02 Mei 2019 – 14:33 WIB Siapa Bisa Tahan Tiongkok dan Jepang di Piala Sudirman 2019? - JPNN.com

jpnn.com, NANNING - Tiongkok dan Jepang adalah dua kandidat terkuat yang bakal menjuarai Piala Sudirman 2019. Dibanding negara-negara lain, Negeri Panda dan Negeri Sakura boleh dibilang punya komposisi pemain paling solid di semua sektornya.

Tiongkok jelas punya keuntungan ekstra pada Piala Sudirman tahun ini. Pasalnya, mereka berstatus sebagai tuan rumah. Tak hanya itu, mereka juga berhasil menambal kebocoran-kebocoran dalam tim yang membuat dominasi mereka runtuh di 2017 dan 2018 kemarin.

Selepas tahun 2016, tepatnya setelah Olimpiade Rio de Janeiro 2016 usai, Tiongkok kehilangan kekuatan di dua sektor andalan mereka, yakni tunggal putri dan ganda putri. Terkenal sebagai negara yang paling tokcer dalam mencetak pemain-pemain putri superior sejak dulu, Tiongkok mendadak menjadi singa ompong di tahun 2017 dan 2018.

Tunggal putri mereka dilibas habis oleh pemain-pemain negara lain hampir di setiap turnamen. Hanya segelintir gelar yang bisa mereka menangkan.

(Bacalah: Indonesia Masuk Grup Berat di Piala Sudirman 2019, Tiongkok Ketemu Malaysia)

Beruntung, Tiongkok sudah menemukan jalan keluarnya di tahun ini. Mereka berhasil memoles Chen Yufei menjadi salah satu pemain putri yang paling diperhitungkan dan tidak bisa diremehkan tahun ini. Gelar All England  2019 yang sukses ia raih sudah menjadi peringatan kecil untuk negara-negara lain bahwa tunggal putri Tiongkok sudah mulai bangkit.

Kekhawatiran Tiongkok akan sektor ganda putri yang performanya juga terjun bebas di 2018 pun sudah teratasi setelah Chen Qingchen / Jia Yifan sukses menyabet gelar-gelar besar tahun ini seperti All England 2019 dan Kejuaraan Asia 2019.

Kekuatan Tiongkok di tiga sektor lainnya pun tidak bisa dianggap enteng. Kedigdayaan Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping di ganda campuran, Shi Yuqi dan Chen Long di tunggal putra, serta Li Junhui/Liu Yuchen di nomor ganda putra tentu perlu diwaspadai.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...