Siapa Paling Berpeluang jadi Pendamping Rita Widyasari?

Siapa Paling Berpeluang jadi Pendamping Rita Widyasari?
Rita Widyasari. Foto: Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Para kandidat yang berpeluang maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) Kalimantan Timur sedang berburu calon pendamping.

Perburuan yang paling nyata dilakukan Rita Widyasari dan Syaharie Jaang. Keduanya sadar, figur bakal calon wakil gubernur (cawagub) turut menjadi faktor penting dalam menentukan hasil akhir Pilgub Kaltim 2018 mendatang.

Basis pemilih terbanyak Kaltim di daerah segitiga emas. Secara berurutan dari yang terbesar, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan.

Modal dasar sudah mereka miliki. Sama-sama sebagai kepala daerah aktif di daerah lumbung suara. Rita sebagai bupati Kutai Kartanegara dan Jaang menjadi wali kota Samarinda.

Praktis, mencari figur yang berasal dari tiga kabupaten/kota di Kaltim tersebut di luar daerah yang dipimpin, menjadi pilihan rasional.

Politikus Golkar dan Demokrat itu sama-sama sudah dipastikan diusung partainya maju dalam perebutan kursi KT I, sebutan jabatan gubernur. Bedanya, jalan Rita lebih mulus ketimbang Jaang.

Dengan perahu partai beringin, bupati Kutai Kartanegara (Kukar) itu tak perlu mencari tambahan kursi sebagai syarat pencalonan.

Sementara itu, Jaang perlu kerja ekstra menggaet partai politik lain untuk mengisi slot kekurangan tujuh kursi di DPRD Kaltim. Partai mercy itu hanya memiliki empat kursi di parlemen.

Para kandidat yang berpeluang maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) Kalimantan Timur sedang berburu calon pendamping.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News