Siapakah yang Akan Dipilih Penggemar K-pop dan Wibu di Pemilu 2024 Nanti?

Siapakah yang Akan Dipilih Penggemar K-pop dan Wibu di Pemilu 2024 Nanti?
Anissa Maharani menyebut dirinya sebagai 'wibu' karena kecintaannya pada budaya Jepang. (Foto: Koleksi Pribadi, Annisa Maharani)

Pemilu 2024 akan digelar sebentar lagi dan para kandidat presiden serta calon legislatif berusaha untuk bisa merayu suara anak-anak muda, termasuk penggemar musik pop Korea (K-pop) dan anime Jepang yang jumlahnya sangat banyak.

Anies Baswedan adalah salah satu calon presiden yang semakin populer di kalangan komunitas penggemar K-pop, terutama setelah akun X bernama @aniesbubble muncul.

Akun tersebut menerjemahkan live streaming Anies ke bahasa Korea, membuat pertumbuhan pengikut dari 400 orang menjadi 1.000 hanya dalam sejam, dan sekarang sudah mencapai 180.000 orang.

Natasya Salim dari ABC Indonesia berbicara dengan pemilik akun @aniesbubble, yang meminta agar identitasnya tidak dipublikasikan.

Ia mengatakan akun tersebut awalnya dibuat bukan untuk mendukung mantan Gubernur Jakarta tersebut, melainkan untuk menjual produk K-pop.

Namun jumlah pengikutnya terus bertambah karena selalu mengunggah konten Anies saat sedang live streaming di TikTok.

Ia mengatakan tidak dibayar oleh tim kampanye Anies dan belum tentu juga akan memilihnya saat mencoblos nanti.

Pemilik akun @aniesbubble namun mengatakan hanya ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya Gen Z untuk mengecek rekam jejak Anies.

Tahun ini, lebih dari separuh pemilih yang berhak memilih di Indonesia adalah generasi muda

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News