JPNN.com

Siapkan Empat BUMN Akuisi Inalum

Sabtu, 10 Juli 2010 – 02:51 WIB Siapkan Empat BUMN Akuisi Inalum - JPNN.com
JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan 4 perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) untuk mengambil alih kepemilikan 100 persen saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Saat ini, Pemerintah Indonesia menguasai kepemilikan sebesar 41,13 persen saham perusahaan itu, dan sisanya 58,87 persen dikuasai oleh Jepang. Inalum merupakan satu-satunya perusahaan lokal yang bergerak di sektor produksi aluminium dengan kapasitas produksi sekitar 230-240 ribu ton per tahun. Selama ini hasil produksi Inalum sebagian besar dikirim ke Jepang.

“Harapan kami 100 persen bisa menjadi milik Indonesia,” kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Jakarta, Jumat (9/7). Keempat perusahaan pelat merah yang akan dilibatkan dalam pembeliaan saham Inalum adalah PT Danareksa, PT Bahana Securities, dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang akan bertindak sebagai penyandang dana. Sementara itu, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) rencananya sebagai pengelolaan pengolahan aluminium tersebut.

Menurut dia, nantinya Antam yang akan melakukan negosiasi terkait dengan pengambilan kepemilikan saham tersebut. Untuk menguasai 100 persen kepemilikan di Inalum, pemerintah harus siap membeli 58,87 persen saham yang akan dilepas Jepang tahun 2013 nanti. “Antam itu punya bargaining position yang kuat untuk dapat memenangkan negosiasi nanti,” paparnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...