JPNN.com

Siapkan Paket Data Ramah Kantong Mahasiswa, Kemendikbud Gandeng Indosat

Selasa, 04 Agustus 2020 – 21:27 WIB
Siapkan Paket Data Ramah Kantong Mahasiswa, Kemendikbud Gandeng Indosat - JPNN.com
Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Setelah bekerja sama dengan PT Telkomsel, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini menggandeng PT Indosat menyiapkan paket telekomunikasi yang terjangkau dengan kantong mahasiswa.

Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam menjelaskan, pentingnya penyediaan koneksi internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring.

Tanpa adanya layanan konektivitas internet, pembelajaran daring tidak akan terselenggara dengan baik.

“Urat nadi pembelajaran daring adalah konektivitas internet. Pembelajaran dalam jaringan tidak akan mungkin terselenggara tanpa adanya koneksi internet," kata Nizam pada penandatanganan nota kesepahaman kerja sama Kemendikbud-Indosat secara daring, Selasa (4/8).

Dari hasil survei yang dilakukan Ditjen Dikti pada semester lalu, hambatan utama pelaksanaan pembelajaran daring adalah masalah koneksi internet.

Masalah koneksi internet ini menurut Nizam bisa dijabarkan dalam tiga aspek antara lain jangkauan layanan internet, stabilitas jaringan dan biaya yang masih belum ramah dengan kantong mahasiswa.

Penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran daring secara sinkronus membutuhkan kuota internet/paket data yang sangat besar.

Implikasinya biaya untuk pembelian kuota/paket data akan cukup mahal dan membebani mahasiswa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek