Siapkan Palapa Ring untuk Perluas Daya Jangkau Broadband

Siapkan Palapa Ring untuk Perluas Daya Jangkau Broadband
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, saat ini masih ada sekitar 900 lebih radio di luar Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) yang harus diajak menata industri radio. Sebab, berdasarkan 1500 izin untuk radio yang dikeluarkan, baru sekitar 673 yang menjadi anggota PRSSNI.

“Ada 900 radio yang harus diajak bagaimana menata industri radio,” kata Rudiantara saat diskusi  bertajuk Radio Perekat NKRI; Satu Suara Berjuta Telinga di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12). 

Menurutnya, 900 radio di luar PRSSNI itu juga harus diakomodir. “Radio masih dibutuhkan, tergantung dari dinamika pasar dan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan, mendengar radio saat ini terutama di Jakarta bisa dilakukan dengan streaming menggunakan telepon seluler. Memang di luar Jakarta, mayoritas masyarakat masih mendengarkan langsung lewat pesawat radio. 

“Mengapa ini terjadi, karena infrastruktur yang jadi dasar perubahan teknologi internet belum semua daerah ada,” katanya.

Saat ini, kata Rudi menjelaskan, baru ada sekitar 400 dari 500 lebih kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki akses broadband.  Sebanyak 300 kabupaten/kota sudah punya akses layanan 4G. Sedangkan 200 lebih kabupaten/kota belum memiliki akses broadband apalagi fasilitas layanan 4G.

Untuk mengatasi persoalan itu, katanya, pemerintah  tengah mempersiapkan Palapa Ring. Sebagian saat ini dibangun dengan kerja sama antara pemerintah dan badan usaha.

“Kami berupaya bagaimana 500 lebih kabupaten/kota memiliki akses broadband,” ungkap mantan komisaris PT Indosat Tbk ini.

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, saat ini masih ada sekitar 900 lebih radio di luar Persatuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News