Siapkan Rp 300 M untuk Revitalisasi Pasar Senen

Dibangun Lagi Juli, Bakal Jadi Pasar Modern Empat Lantai

Siapkan Rp 300 M untuk Revitalisasi Pasar Senen
Siapkan Rp 300 M untuk Revitalisasi Pasar Senen

jpnn.com - JAKARTA PUSAT -  Pemprov DKI mempercepat program revitalisasi Pasar Senen yang terbakar pada Jumat lalu (25/4). Semua persiapan pembangunan terus dimatangkan, termasuk kontraktor yang akan menggarap proyek tersebut.

Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis menyatakan, pihaknya menganggarkan Rp 300 miliar untuk pembangunan kembali Pasar Senen. Seluruh dana tersebut berasal dari APBD DKI 2014. Revitalisasi Pasar Senen memang masuk dalam APBD. Sejak lama pemprov berencana membenahi pasar itu.

Lubis memastikan, pihaknya tak akan menemui kendala untuk menjalankan program tersebut tahun ini. “Sekarang sudah tidak ada alasan (untuk menunda pembangunan). Ya mesti tahun ini,” ujarnya seperti dilansir Jawa Pos edisi hari ini.

Menurut dia, revitalisasi terutama dikhususkan untuk Blok III Pasar Senin. Sebab, blok yang lain dianggap masih layak untuk ditempati para pedagang. Dalam waktu dekat, Blok III akan diratakan dengan tanah. Para pedagang yang kini masih bertahan di puing-puing bangunan akan dipindah ke tempat penampungan sementara (TPS) yang berjarak tidak jauh dari pasar. “Mereka tak mau dipindah jauh dari situ. Ya sudah, kita turuti,” kata dia.

Pembangunannya dimulai Juli nanti, dia menjelaskan konsep yang akan diusung dalam revitalisasi Pasar Senen. Nantinya, kata dia, pasar tersebut terdiri empat lantai. Lantai satu dan dua terdiri dari kios untuk menampung sekitar 3 ribu pedagang. Dua lantai bakal dimanfaatkan sebagai area parkir.

Dia mengungkapkan, Pasar Senen nantinya mengusung konsep modern. Dia berharap, dengan konsep baru, pembeli semakin banyak yang berdatangan dan berbelanja di sana. “Tentunya akan lebih baik daripada sebelumnya,” ucap dia.

Selain Pasar Senen, lanjut dia, tahun ini PD Pasar Jaya juga akan melakukan program revitalisasi yang sama di pasar-pasar lain. Dari 153 pasar yang ada di Jakarta saat ini, terang dia, 47 di antaranya dalam kondisi rawan terbakar. Selain kondisi gedung yang sudah uzur, instalasi listrik di pasar-pasar tersebut sangat tidak layak.

Saat ini PD Pasar Jaya masih menyeleksi pasar mana yang akan diprioritaskan untuk revitalisasi. “Revitalisasinya memang harus bertahap. Tak bisa dilaksanakan seluruhnya,” terang dia.

JAKARTA PUSAT -  Pemprov DKI mempercepat program revitalisasi Pasar Senen yang terbakar pada Jumat lalu (25/4). Semua persiapan pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News