Siapkan Skenario Hadapi Lonjakan Omicron, Luhut Binsar Lakukan Langkah Ini 

Siapkan Skenario Hadapi Lonjakan Omicron, Luhut Binsar Lakukan Langkah Ini 
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyiapkan skenario menghadapi lonjakan Covid-19 varian Omicron  di Indonesia. 

Menko Luhut Binsar meminta masukan dari pakar lintas disiplin guna menyiapkan skenario menghadapi lonjakan kasus Omicron di tanah air. 

Luhut Binsar bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono, dan Koordinator Tim Pakar Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, menggelar dialog virual dengan para epidemiolog, pakar kesehatan, dokter, dan pakar sosial dari berbagai lembaga pendidikan dan penelitian di Indonesia, Jumat (14/1).

"Dari berbagai penelitian yang diberikan kepada saya oleh para teman-teman epidemiolog dan dokter, kita tahu bahwa varian Omicron ini menular sangat cepat, tetapi less severe atau tidak parah,” kata Luhut Binsar melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (15/1).

Menurut Luhut pula, walaupun terdapat angka kematian di beberapa negara, namun jumlahnya cukup rendah dari varian Omicron ini. “Walau begitu, kita mau agar lonjakan kasus konfirmasi ini bisa kita turunkan dan bagaimana upaya kita pascalonjakan Omicron ini,” ungkap Luhut Binsar. 

Hingga saat ini, varian Omicron sudah terdeteksi lebih dari 500 kasus konfirmasi di Indonesia. 

Transmisi lokal pun telah terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Dalam diskusi itu, salah satu pakar dari Eijkman Institute Amin Soebandrio mengatakan Indonesia sedang memasuki masa transisi penanganan Covid-19 dari varian Delta menuju Omicron. Oleh karena itu, katanya, pengawasan pada tingkat molekular perlu dipertajam, mengingat banyak hal yang belum diketahui mengenai varian ini.

Luhut Binsar Pandjaitan menyiapkan skenario menghadapi lonjakan Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News